city branding kota sukabumi sebagai kota kamonesan

Baru-baru ini Pemerintah Kota Sukabumi meluncurkan Logo dan tagline pariwisata Kota Sukabumi yang diinisiasi oleh Dinas Pemuda Olah Raga dan pariwisata atau dikenal Disporapar kota Sukabumi dalam rangka peringatan HUT Pemerintah Kota Sukabumi ke-103.

Logo dan tagline yang diluncurkan merupakan hasil sayembara dan diskusi dewan juri serta sudah ditetapkan oleh Walikota Sukabumi Mohammad Muraz bersamaan dengan peringatan HUT Pemerintahan Kota Sukabumi 1 April 2017 kemarin dengan logo seperti terlihat diatas dan taglinenya adalah Kota Sukabumi Kota Kamonesan.

Menurut panitia, arti kamonesan yang menjadi tagline pariwisata kota sukabumi ini berasal dari basa sunda yang artinya kreatif dalam bahasa Indonesia. Diharapkan pengembangan pariwisata dengan dukungan ekonomi kreatif. Sedangkan Logo yang ditampilan merupakan simbol yang diangkat dari monumen buku/kitab yang ada di alun-alun kota sukabumi.

Mengenai City Branding, khususnya untuk tagline pariwisata kota Sukabumi menjadi Kota Kamonesa, atau dengan bahasa Indonesia tadi menjadi Kota Kreatif menjadi menarik untuk ditelusuri, seberapa besar dukungan Pemerintah Kota Sukabumi terhadap dunia kreatif dan Komunitas Kreatif di Kota Sukabumi sehingga memposisikan diri sebagai kota kreatif.

Selain Peran Pemerintah, untuk menjadikan kota dengan basis kreatif, perlu ditelusuri juga bagaimana peran masyarakat dalam kegiatan dunia kreatifitas, khususnya bagaimana geliat komunitas kreatif di Kota Sukabumi.

2 thoughts on “city branding kota sukabumi sebagai kota kamonesan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *