Mengenal Domain-domain Asli Indonesia berakhiran .ID

Postingan ini terinspirasi dari artikel blog Qwords tentang macam-macam Domain .ID dan apa kegunaan dari domain tersebut sehingga digunakan sesuai fungsinya.

Domain yang berakhiran .id seperti kita ketahui bersama merupakan domain yang dikelola oleh PANDI atau Pengelola Nama Domain Indonesia yang mana pemesanannya tidak semudah domain-domain internasional seperti .com, .net dan lain sebagainya. Domain ini punya kekhasan yang mengharuskan pemesan untuk melampirkan persyaratan khusus sesuai dengan kegunaan domain, dan minimalnya harus melampirkan KTP sebagai identitas asli dari Indonesia.

Apa Aja nama domain asli Indonesia tersebut dan apa kegunaannya akan coba saya jelaskan dalam artikel kali ini :

  1. Domain .ac.id, merupakan Ekstensi domain yang digunakan di lingkungan akademik terutama perguruan tinggi. Dijumpai pada website resmi sebuah Universitas, Institut, dan sejenisnya. Ekstensi ac.id tidak dapat digunakan secara personal yaa.
  2. Domain .biz.id, domain ini seringkali digunakan untuk keperluan bisnis penggunanya. Ekstensi domain ini dapat anda gunakan secara personal.
  3. Domain .co.id, ekstensi domain co.id pasti sudah tak asing bagi anda. Hanya digunakan oleh badan usaha, UMKM, dan sejenisnya. Tak jarang dijumpai e-Commerce dan start up yang memilih menggunakan co.id. Ekstensi ini tidak dapat digunakan untuk personal ya, karena ada syarat pendaftaran yang WAJIB anda lengkapi.
  4. Domain .sch.id, Pernahkan anda mencoba mencari SD, SMP, atau SMA anda di internet? Sudahkah mereka memiliki website? Jika sudah, mereka pasti menggunakan domain yang satu ini. “Sch” merupakan akronim dari school yang berarti sekolah. Institusi pendidikan (di luar perguruan tinggi & ponpes) menggunakan domain ini sebagai website resminya.
  5. Domain .ponpes.id, Digunakan dalam lingkungan pendidikan khususnya Pondok Pesantren. Saat ini sudah semakin banyak Pondok Pesantren di Indonesia yang menggunakan ekstensi ini sebagai website resminya. Baca persyaratannya DI SINI
  6. Domain .my.id, Sesuai dengan namanya “my”, domain ini dapat anda gunakan secara personal. Seringkali orang menggunakannya untuk web maupun blog pribadi. Domain ini kini juga digunakan sebagai platform blog multiuser oleh PANDI dengan menggunakan cms WP MU, yang mana semua orang bisa mendaftarkan diri dan mendapatkan pengalaman ngeblog dengan domain .my.id, cuman kelemahannya dengan menggunakan platform blog, user dibatasi oleh banyak hal dan aturan, namun kelebihannya user pemula akan lebih mudah utk mempelajari dan menyelami dunia blogging dengan citarasa Indonesia.
  7. Domain .web.id, Nah, kalau website yang satu ini penggunaannya lebih umum, bahkan bisa didaftarkan secara personal loh. Kategori dari domain ini lebih luas.
  8. Domain .or.id, sama halnya dengan kegunaan .org, ekstensi or.id digunakan untuk identitas website milik organisasi/komunitas. Namun, ekstensi ini menunjukkan ciri khas Indonesia dengan ekstensi .id di belakangnya.
  9. Domain .desa.id, Domain desa.id diluncurkan pertama kali oleh Pengolala Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) di Jakarta dihadiri oleh Ketua Panja RUU Desa DPR-RI, Ketua Relawan Pemberdayaan Desa Nusantara (RPDN), Perwakilan Tim Gerakan Desa Membangun (GDM), dan Kepala Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Tasikmalaya, Jawa Barat atas dasar usulan dari Gerakan Desa Membangun yang dilatarbelakangi 3 aspek, yaitu : Yuridis, Sosiohistoris Desa dan Teknis. Penjelasan tentang domain desa.id akan saya bahas secara khusus karena ada beberapa hal yang ingin disampaikan mengenai isu domain desa ini.menurut Wikipedia, desa.id adalah second level domain atau domain tingkat kedua Internet Indonesia untuk Desa. Sejak 1 Mei 2013, domain desa.id dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia ( PANDI ). Sebelumnya desa.id diusulkan oleh perwakilan desa-desa yang tergabung dalam Gerakan Desa Membangun (GDM) [1] dalam Diskusi Umum Terbuka (DUT) PANDI ke-2 di Perpustakaan Universitas Indonesia, Depok, 12 Februari 2013.
  10. Domain *.id, terakhir adalah domain anything.id artinya domain yang langsung berakhiran .id dengan mendaftarkan nama domain utama terserah kita, selama nama domainnya belum ada yang pesan, kita berhak untuk mendaftarkannya. Domain ini syaratnya mudah hanya KTP, namun harganya lumayan mahal dibanding domain-domain .id lainnya yaitu Rp. 250.000,00

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *